Jumat, 17 Mei 2013

Tugas Kewirausahaan



BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Perkembangan teknologi pada saat ini sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik manusia tidak akan lepas dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi,  hidup kita pasti berhubungan dengan teknologi. Dengan perkembangan teknologi, maka memudahkan kita pada segala sesuatu. Bahkan saat ini teknologi sudah merupakan suatu trend kehidupan. Pemakaian teknologi merupakan simbul dari kemodernan seseorang atau bisa menunjukkan status sosial seseorang, Semakin canggih produk yang kita gunakan dengan memanfaakan tehnologi, maka menunjukkan semakin tinggi status sosial kita atau dipandang lebih modern.
Teknologi saat ini yang paling cepat berkembang adalah teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi. Perkembangan ini sangat terlihat akselerasinya dalam kehidupan, dan hampir setiap sisi kehidupan kita selalu merasakan manfaat adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi tersebut. Perkembangan tersebut akan menumbuhkan pula bisnis di bidangnya, sebagai contoh adalah internet dan komputer. Setiap perkembangan teknologi akan mendukung munculnya teknologi baru, atau fasilitas baru dalam suatu produk tersebut. Oleh karena itu maka produk-produk teknologi tersebut setiap saat akan naik dan terus meningkat jumlahnya.
Perkembangan teknologi komputer contohnya sangat jelas kita rasakan saat ini. Dalam teknologi prosesor sendiri, setiap tahun terjadi inofasi baru yang lebih baik. Perkembangan prosesor sebagai contoh keluarga Pentium 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV dan sekarang core to duo. Prosesor merupakan otak dari komputer dan pengatur segala proses komputer. Konsumen biasanya menyesuaikan anggaran yang dimiliki untuk dapat memiliki komputer sendiri.  Karena teknologi adalah mahal, untuk membeli sebuah unit komputer yang dapat mengikuti perkembangannya memerlukan banyak dana.
Segala aspek kehidupan kini terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi, waktu yang mendesak dan dikejar deadline atas suatu pekerjaan tertentu hingga tidak memadainya skill untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu.



Keadaan tersebut mengakibatkan keberadaan jasa rental dan pengetikan komputer tetap eksis walaupun telah banyak pesaing yang muncul dikotasalatiga sendiri. Jasa pengetikan menggunakan komputer tetap memiliki tempat tersendiri di masyarakat kini. Namun tidak disangkal, bahwa usaha rental dan pengetikan saat ini tidak dapat bertahan apabila hanya menggantungkan diri pada satu jenis usaha saja. Kenyataannya sekarang ini masyarakat dengan mudah dapat memperoleh satu unit komputer jika hanya digunakan untuk mengetik. Keberadaan komputer di rumah-rumah telah banyak. Namun kebanyakan pemilik komputer kurang memiliki keterampilan yang cukup untuk merawat komputer yang dimiliki. Oleh karena itu, usaha rental dapat dikembangkan dengan sub usaha servis komputer.
Jenis bisnis lain yang cukup berkembang dewasa ini adalah teknologi digital. Maraknya perkembangan handphone, terutama yang dilengkapi fasilitas kamera dan pemutar lagu, merupakan pasar yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Peluang usaha cetak foto digital dari handphone menjadi tren usaha yang cukup menjanjikan income yang tinggi. Agar dapat survive, maka bentuk usaha yang didirikan harus memiliki banyak produk jasa.

B.     Tujuan
Tujuan dari Pembuatan Warnet diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Untuk melayani jasa ketik, browsing, dan lain-lain
2.      Agar memahami tentang Internet
3.      Mengetahui hal-hal positif yang bisa diambil dari membrowsing Internet
4.      Tidak ketinggalan dengan negara-negara lain yang sudah lebih mengenal Internet










BAB II
PEMBAHASAN
Profil Usaha
Profile Warnet: Ilham.Net
Jl. Mekar Jaya 1 RT.014 RW.03 Ponggolaka- Kendari
Koneksi internet kecepatan tinggi, webcam, sehingga nyaman untuk video chatting, bisnis online, browsing, game online maupun download.
Nama: Ilham.Net
Tanggal Berdiri: 11 November 20013
Location: Ponggolaka, Kendari
Kategori Warnet: NetCafe
Alamat: Jl. Mekar Jaya 1 RT.014 RW.03 Ponggolaka- Kendari
Kodepos: 93117
No Telp:  085756880081
Buka: 07.00 s/d 22.00 WIB
Hari Libur: Tetap buka 7 hari seminggu
Jumlah unit station: 10 unit
Kecepatan Akses: 2 Megabyte
Operating System: Windows XP Home
Fasilitas plus:  High speed internet connection. Computers with 17 inches LG Flatron LCD monitor. Logitech keyboard, optical mouse & state-of-the-art Webcam. Head set, scanner, full color printer. Full air-conditioned. Soft Drinks with display refrigerators. Small kiosk selling thumb (flash) drive, Diskette, etc.
Warnet GreenHouse menyediakan rupa-rupa minuman ringan untuk melepaskan dahaga anda. Bisa diperoleh melalui operator. Ragam minuman dingin yang disediakan antara lain : Fresh Tea, Coca-Cola, Fanta Apple – Grape – Orange, Pocari Sweat, Birdy Coffee Milk, Yeos Winter Melon, Yeos Soya Bean, You-C 1000, Aqua Botol, Powerade, dll
Membership: Membership is not required, but member will get discount
estimasi pelanggan per hari: 100-150
Usia Pelanggan rata rata: 12-30
Internet Browser: Internet Explorer 7.0, Mozilla Firefox 2.0
Harga Pelajar Rp.3000
Harga Personal Rp.3000
Paket 1 ( 4 Jam ) Rp.10000
B.     Kiat-Kiat Untuk Menjadi Pengusaha Sukses
Pengertian
Banyak orang yang berminat dan berniat untuk menjadi pengusaha yang sukses, namun hanya sedikit saja yang berhasil mewujudkan dirinya menjadi pengusaha sukses. Dalam hal ini modal utama yang harus dimiliki adalah kemauan. Pepatah yang mengatakan “dimana ada kemauan disitu ada jalan” memang benar adanya. Namun untuk menjadi seorangpengusaha sukses, tidak hanya kemauan yang kuat yang diperlukan. Kita perlu juga mengetahui langkah – langkah, tips dan cara – cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan itu.
Kiat Wirausaha Tersebut
1. Awali Dengan Impian dan Imajinasi
Sebelum manusia bisa mendarat di bulan, tak pernah ada yang berfikir bahwa hal itu adalah sebuah kenyataan. Ide mendarat di bulan pada awalnya adalah sebuah mimpi indah yang tak akan pernah terwujud.Namun impian dan imajinasi itu akhirnya berubah menjadi kenyataan ketika seseorang telah membuktikannya dengan pendaratan manusia pertama kali ke bulan. Yang perlu diingat adalah segala sesuatu keberhasilan itu bermula dari impian dan keyakinan dengan didorong oleh kerja keras untuk mewujudkannya. Jika anda mempunyai impian untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan punya niat untuk mewujudkannya, maka segeralah bangun dari mimpi anda. Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi anda itu menjadi kenyataan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa sukses. Mereka tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mampu.
 2. Semangat dan Kegigihan
Antusiasme, semangat dan kegigihan adalah sebuah modal utama di dalam memulai sebuah perjuangan baru untuk mencapai keberhasilan . Bila anda loyo, tidak bersemangat dan dan bermalasan, yakinlah tidak lama lagi anda akan segera mengalami kegagalan total. Carilah motivasi usaha anda itu dengan mempelajari perjuangan pengusaha-pengusaha yang sukses pendahulu anda.

3. Mempunyai Pengetahuan Dasar-dasar Bisnis
Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar bisnis hanya akan membuat usaha anda seperti sebuah kelinci percobaan. Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami kegagalan. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan. Yang terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja dengan orang lain dulu sebelum anda menjadi pebisnis sangat membantu anda menyerap ilmu dan pengalaman dan siap sukses.

4. Berani Mengambil Resiko
Setiap sesuatu yang kita usahakan tentu akan ada resikonya. Semakin besar hasil yang ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko yang akan dialami apabila mengalami kegagalan juga besar. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses. Jangan takut akan kegagalan, tapi jadikanlah kegagalan itu sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.

5. Kerja Keras
Hanya dengan bekerja keraslah sebuah usaha akan mengalami kemajuan dan kesuksesan. Bohong apabila ada yang mengatakan dia meraih keberhasilan yang gemilang hanya dengan duduk beberapa saat di tempat kerja seperti yang sering dikatakan pengiklan di internet. Sebenarnya awal mula mereka merintis usahanya itu adalah dengan kerja keras tanpa mengenal putus asa dan banyak berkorban waktu dan tenaga.
6. Mau Belajar Dari Pengalaman Orang Lain
Pepatah mengatakan: “Pengalaman adalah guru yang terbaik.” Seorang calon pengusaha yang sukses mau mengambil pengalaman dari orang lain dan dari dirinya sendiri. Apapun pengalaman seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan suatu pelajaran yang berharga sebagai panduan dia dalam memulai usaha atau mengembangkan usahanya.

7. Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang Lain
Sebagian orang menganggap bahwa kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi kelangsungan usahanya. Akan tetapi bagi orang yang berfikir normal akan menjadikan kritikan atau bahkan nasehat dari orang lain itu sebagai gurunya yang membimbing dia ke arah sukses. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau menegur dan mengkritik kita.

8. Menjalin Kerjasama Dengan Orang Lain
Betapapun pandainya seseorang itu, apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya itu hanya akan sia-sia belaka. Tidak ada seorang pebisnis pun yang mampu bekerja sendiri. Kerjasama dengan rekan, teman, mitra kerja dan klien sangat penting bagi perkembangan suatu bisnis. Merekalah yang akan memberi masukan, saran dan kritik dan membantu di saat-saat sulit. Seorang pebisnis harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul untuk menjalin relasi bisnis dengan seluas-luasnya.

9. Berani Menghadapi Kegagalan
Jangan dikira para pebisnis yang telah mapan dan maju tidak pernah mengalami kegagalan. Bahkan mereka pun suatu waktu pernah mengalaminya. Hanya saja mereka tidak pernah putus asa dan terus berusaha sampai sukses. Orang yang takut gagal adalah orang yang pengecut yang tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya menghayal saja.

10. Tidak Suka Menunda

Seperti kata pepapatah: “Time is money!” Oleh karena janganlah suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Lakukanlah saat ini, sekarang juga selagi ada kesempatan. Menunda suatu pekerjaan berarti adalah suatu kerugian yang akan membuat anda menyesal.

C.     Resiko Usaha
Pengertian
Menurut para ahli
1) Arthur Williams dan Richard, M H
Resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode terentu
2) Abas Salim
Resiko adalah ketidaktentuan yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian
3) Soekarto
Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa
4) Herman Darmawi
Resiko adalah penyebaran penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan
Kesimpulannya :
Resiko adalah sesuatu yang selalu dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya keadaan yang merugikan dan tidak diduga sebelumnya bahkan bagi kebanyakan orang tidak menginginkannya.
Resiko Yang Dihadapi
~ Perencanaan yang kurang matang
~ Kurangnya modal
~ Bakat yang tidak cocok
~ Kurang pengalaman
~ Lemahnya pemasaran
~ Tidak mempunyai semangat berwirausaha
~ Tidak mempunyai etos kerja yang tinggi
Cara Mengatasinya
Masalah yang timbul dari proyek usaha warnet adalah :
• Tempat yang kurang strategis
• Hardware dan software yang kurang memadai
• Jumlah pengunjung yang sedikit.
PEMECAHAN MASALAH DIATAS
• Tempat yang kurang strategis
Salah satu hal yang paling penting dalam mengembangkan usaha tersebut adalah lokasi yang strategis, tetapi jika semua sudah terlanjur basah, ibarat pepatah mengatakan mau bilang apa tetapi ada langkah dan strategi dalam mengembangkan usaha tersebut agar terhindar dari pailit yaitu :
• Perbanyaklah promosi seperti stiker, spanduk, pamlet, dan brosur.
• Usahakan tempat tersebut bersih dan nyaman.
• Usahakan pengunjung betah berada disana karena semua kebutuhanya terpenuhi seperti, makanan, minuman, toilet dan semua yang dibutuhkan pengunjung
• Hardware dan software yang kurang memadai
salah satu penunjang dari warnet agar pengunjung puas adalah hardware dan softwarenya, jika salah satu yang mereka inginkan mereka merasa kurang puas dengan warnet tersebut hal yang harus dilakukan adalah :
• menambahkan apa saja yang kurang.
• Selalu mengupdate software terbaru.
D.    Pembuat Keputusan
Pengertian Pembuatan Keputusan
Pengambilan keputusan mengandung arti pemilihan altematif terbaik dari sejumlah Alternatif yang tersedia. Teori-teori pengambilan keputusan bersangkut paut dengan masalah bagaimana pilihan-pilihan semacam itu dibuat.
Menurut Davis (1988) keputusan adalah hasil dari pemecahan masalah yang dihadapinya dengan tegas. Hal ini berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang harus dilakukan dan seterusnya mengenai unsur-unsur perencanaan. Keputusan dibuat untuk menghadapi masalah-masalah atau kesalahan yang terjadi terhadap rencana yang telah digariskan atau penyimpangan serius terhadap rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Tugas pengambilan keputusan tingkatnya sederajad dengan tugas pengambilan rencana dalam organisasi.
Bagaimana Cara Membuat Keputusan
dalam proses pengambilan keputusan tidak ada hal yang terjadi secara kebetulan;
pengambilan keputusan tidak dapat dilakukan secara “sembrono” karena cara pendekatan kepada pengambilan keputusan harus didasarkan atas kemampuan organisasi, tenaga kerja yang tersedia, dan situasai lingkungan;
bahwa sebelum sesuatu masalah data dipecahkan dengan baik, hakekat daripada masalah ini harus diketahui dengan jelas;
pemecahan masalah tidak dapat dilakukan melalui “ilham” atau dengan mengarang yang berdasarkan data-data yang telah didapatkan;
keputusan yang baik adalah keputusan yang telah dipilih dari berbagai altrnatif yang ada setelah dianalisis dengan matang.
E.     Kepemimpinan

Pengertian Kepimpinan
Dalam suatu organisasi kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi. Kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu (Thoha, 1983:123). Sedangkan menurut Robbins (2002:163) Kepemimpian adalah kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Ngalim Purwanto (1991:26) Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa.
Pengertian Kepemimpinan Otoriter
Tipe kepemimpinan yang otoriter biasanya berorientasi kepada tugas. Artinya dengan tugas yang diberikan oleh suatu lembaga atau suatu organisasi, maka kebijaksanaan dari lembaganya ini akan diproyeksikan dalam bagaimana ia memerintah kepada bawahannya agar kebijaksanaan tersebut dapat tercapai dengan baik. Di sini bawahan hanyalah suatu mesin yang dapat digerakkan sesuai dengan kehendaknya sendiri, inisiatif yang datang dari bawahan sama sekali tak pernah diperhatikan.
Analisis SWOT
Pengertian / Tujuan Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Analisis SWOT Usaha Tersebut
Strenght :
Telah berpengalaman mendirikan dan memanajemen warnet
Mengetahui seluk beluk pasar dan konsumen di bukit danpalembangdan.
Memahami seluk beluk komputer dan internet.
Memiliki strategi sistem pemasaran dan publikasi yang terstruktur terhadap konsumen.
Mampu menyediakan pelatihan-pelatihan dasar baik komputer, software, hardware dan internet.
Mampu menyediakan usaha-usaha lain di bidang komputer, seperti percetakan, rental, on line games, dll.
Weakness :
Tidak mempunyai temapat sendiri untuk usaha.
Opportunity:
Warnet saingan sangat lambat dan sangat mahal (Rp 7.000 / jam).
Lokasi adlah pusat kos-aan mahasiswa, dan terdapat perguruan tinggi negeri terbesar.
Konsumen pelajar yang belum terjamah sebagai target konsumen potensial.
Threat :
Mahasiswa yang kos akan pulang kampung pada saat liburan.
Konsumen umum (selain mahasiswa dan pelajar) belum mengenal komputer dan internet.
Telah ada warnet di sekilar lokasi.





BAB III
PENUTUP
a.      Kesimpulan
 Perkembangan teknologi pada saat ini sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik manusia tidak akan lepas dengan teknologi.
 Segala aspek kehidupan kini terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi
 Kondisi masyarakat yang sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan diperparah dengan kondisi perekonomian negara yang masih belum stabil.
 Hal hal yang perlu diperhatikan pada saat bisnis Warnet  adalah:  Lokasi,  Koneksi internet, Spesifikasi unit computer dan Ruangan
b.      Saran
Demikian makalah yang kami buat, semoga makalahh ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan pengetahuan dan memajukan ekonomiIndonesia.












BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemajuan teknologi kini semakin pesat, dan kebutuhan untuk mengerjakan sesuatu pun kini
ditekankan memakai teknologi karena lebih efisien dan cepat, salah satunya yaitu komputer,
alat yang sering digunakan untuk proses input output, print, dan kegiatan lainnya.
Dengan melihat hal tersebut maka demi memenuhi kebutuhan konsumen dengan adanya
fasilitas komputer tersebut, kami ingin mendirikan dan mengadakan suatu sarana
prasarana rental komputer.

B.     Maksud & Tujuan
Maksud pendirian tersebut agar masyarakat sekitar lebih mengenal dunia teknologi yang
terus berkembang dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak
tetinggal..
Tujuan Sosial:
Meningkatkan mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi
dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan Komersial:
a. Sebagai lahan berwirausaha.
b. Mendapatkan Profit
A. NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “Clary-Com”.


B. RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut :
1.      Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan
Sekolah Menengah Pertama.
2. Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Klari, dengan pertimbangan :.
Disekitar lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain : SMPN 1 KLARI, SMP PGRI
KLARI , dan Mts Al-Ianah.
Lokasi berada kawasan pasar yang ramai.
Lokasi berada pada perumahan penduduk.
Merupakan daerah pemerintahan kecamatan
C. TARGET PELANGGAN
Target pelanggan adalah : pelajar dan para birokrat/PNS karena mereka lebih sering
menyerahkan tugas untuk dikerjakan oleh rental, serta siswa karena mereka sering
mendapatkan tugas membuat makalah dan atau tugas print out.
D. JENIS USAHA
Jenis usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki
adalah :
1. Rental Komputer (konsentrasi pada bulan pertama)
2. Service komputer (pada bulan ke-3)
E. KEUNGGULAN KAMI
Kami memiliki keunggulan antara lain :
1. Semua pemasangan komputer kami bisa lakukan sendiri dengan demikian tidak perlu
menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga.
2. Kami memprioritaskan memakai PC Bekas, demi menghemat biaya namun demikian harus
tetap terjaga kualitasnya.
F. SOFTWARE & HARDWARE
Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
Komputer Pentium 3 built up second sebanyak 10 unit, server Pentium 4 1 unit
Perangkat jaringan.
Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.
Modal Awal :
A. Perizinan Rp. 1000.000
B. - DP Sewa Gedung/Ruko Rp. 800.000
- AC Rp. 500.000
- Meja & Kursi 5 Set Rp. 1000.000
- Pendaftaran Pelanggan PLN+Pemasangan Rp. 1000.000
C. 10 Perangkat komputer Second Rp. 15.000.000
D. Software
- OS Ms Windows XP Professional Original Rp. 1300.000
-Software Billing
E. Biaya Pengiriman & Administrasi Rp. 300.000
Biaya Operasional :
1. Sewa Gedung Rp. 800.000/bln
2. Biaya Listrik Rp. 400.000/bln
3. Biaya Gaji Pekeja Rp. 500.000/bln
Total Keseluruhan Rp. 22500000


G. MODAL & PENGHASILAN
Modal yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1 bulan
pertama adalah Rp 22.500.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 2.000.000,- per
bulannya.
Perkiraan Pendapatan Kotor (Bruto):
Buka Dari Jam 07.00 s.d. 24.00 = 17 Jam
Sewa Per Jam = Rp. 2000
Perkiraan Sewa Per Hari = 10 Jam X 10
= 100 Jam
Perkiraan Pendapatan Per Hari = 60 x 2000
= Rp. 120.000
Perkiraan Pendapatan Per Bulan = Rp. 120.000 x 30
Total = Rp. 3600.000
Perkiraan Pengeluaran :
- Listrik =Rp. 500.000/Bulan
- Sewa Gedung/Ruko =Rp. 300.000/Bulan
- Gaji Operator =Rp. 300.000/Bulan
- Satpam =Rp. 300.000/Bulan +
Rp. 1.400.000
Perkiraan Pendapatan Bersih/Bulan:
Pendapatan Kotor =Rp. 3600.000
Pengeluaran =Rp. 1400.000 -
Jumlah =Rp. 2.200.000


H. STRATEGI PROMOSI
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer
dan menyebarkan pamflet rental dan service komputer.

I. PENUTUP
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan
bangsa dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih

















PROPOSAL USAHA STUDIO PHOTO MINI


              Puji syukur kami panjatkan kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas rahmat dan karunianya kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Alloh akan bermanfaat bagi kami dan  masyarakat pada umumnya. Salam dan shalawat senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallohu Alaihi Wasallam yang menjadi Uswatun Hasanah bagi seluruh manusia, beserta para sahabat, tabiin, tabiut tabiin, serta orang-orang yang tetap istiqamah di jalannya hingga akhir zaman.
               Sebagai Mahasiswa kita dituntut untuk hidup mandiri, hal ini sejalan dengan hadist Rasulullah Shollallohu Alaihi Wasallam berikut,
               Dari sahabat Rafi’ bin Khodij ia menuturkan: dikatakan (kepada Rosulullah Shollallohu ‘Alaihi Wasallam),
wahai Rasulullah, penghasilan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, “hasil pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan setiap perniagaan yang baik”.
               Berangkat dari hadis ini maka kami ingin mencoba mengembangkan sebuah usaha yang insya Alloh memiliki prospek ke depan yang cukup baik.



1.  LATAR BELAKANG
          Bidang usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Apalagi dengan teknologi digital saat ini, foto dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi desain, huruf dan sebagainya sehingga dapat lebih menarik lagi. Dengan teknologi digital, hasil foto fotografer amatir-pun dapat berkesan “professional”.
          Sayangnya investasi mesin cetak, konvensional maupun digital sangatlah mahal, berkisar ratusan juta hingga milyaran rupiah. Belum lagi faktor lain seperti service, perawatan & spare parts mesin yang tidaklah murah.

2.  MAKSUD DAN TUJUAN
              Maksud dari proposal ini adalah dapat memberikan gambaran umum dari usaha yang kami laksanakan.
Tujuan dari proposal ini adalah :
-      Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha;
-      Mampu meningkatkan ekonomi bangsa.

3.  NAMA USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “STUDIO PHOTO ILHAM”

4.  RENCANA LOKASI USAHA
          Rencana lokasi usaha akan di tempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut:
-          Lokasi dekat dengan kawasan kantor dan pendidikan seperti perguruan tinggi atau sekolah.
-          Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

 Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jalan H.E.A Mokodompit kampus Unhalu , dengan pertimbangan:

-          Lokasi dekat dengan perguruan tinggi.
-          Lokasi berada sekitar komplek perkantoran.
-          Lokasi berada ditengah-tengah perumahan penduduk, dan rumah kost.

5.  SASARAN
          Target pelanggan adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat disekitarnya. Mereka adalah pengguna studio photo dalam frekuensi tinggi.


6.  RINCIAN BIAYA
RINCIAN BIAYA PROPOSAL USAHA STUDIO PHOTO MINI
NO
URAIAN
KUANTITAS
HARGA SATUAN (RP)
JUMLAH (RP)
1
2
3
4

5
6
7
Computer Intel Core i3   
Kamera Digital  Sony 14,1 MP
Printer Photo Epson R230X
Alat Transfer dari HP (Bluetooth, CardReader)
Meja Komputer, Kursi, Layar Background, Spanduk.
Tripod
Biaya lain-lain
1 Unit
1 Buah
1 Buah
1 Buah




Rp 6.000.000,-
Rp 1.300.000,-
Rp 1.700.000,-
Rp    100.000,-

Rp    600.000,-
Rp    500.000,-
Rp  5.500.000,-
Rp   1.300.000,-
Rp  1.700.000,-
Rp     100.000,-

Rp     600.000,-
Rp     500.000,-
Rp     300.000,-

Jumlah
Rp 10.000.000,-

Modal yang kami butuhkan untuk mendirikan photo studio mini ini sebesar Rp 10.000.000,-




PENUTUP


          Pendirian usaha ini merupakan suatu peluang bisnis yang baik bagi kami. Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha studio photo mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha ini pada masa yang akan datang.  

          Diharapkan dengan adanya proposal usaha ini dapat membuka wawasan pembaca untuk juga berkeinginan membuka usaha karena kondisi krisis saat ini. Tetapi ada yang menjadi kendala dalam usaha ini adalah tambahan modal untuk pengelolaan dan pengembangan usaha ini dan diharapkan pembaca dapat menjadi investor bagi usaha ini.

          Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam membantu dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan memajukan ekonomi bangsa. Terimakasih dan salam sukses :)
















BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
            Telah kita ketahui bersama bahwa di Negara kita Negara Indonesia memiliki beraneka ragam wisata dan budaya yang terbentang dari sabang sampai marauki, mulia dari  tempat wisata dan objek wisata yang kaya akan keindahanwisata alam, taman wisata, taman budaya,dan wisata kulinernya banyak orang menyebutkan indonesia adalah surga dunia yang memiliki banyak keanekaragaman wisata yang begitu indah dan memiliki khas di mana tiap daerahnya memiliki kebudayaan yang berbeda beda yang melambangkan cirikas dari daerah tersebut dan banyak turis baik turis domestic maupun macanegara yang mengagumi keanekaragaman budaya dan wisata di Negara Indonesia. Maka dari itu makalah saya akan membahas pariwisarta di Indonesia yang menjadi salah satu sumber pendapatan pajak Negara Indonesia.

B.   Rumusan Masalah
·                     Pengertian pariwisata
·                     Pengertian Devisa
·                     Bagaimana Mengembangkan Industri Pariwisata Oleh : Ahmad Zacky Siradj 2)
·                     Bagaimana Peran  Masyarakat dalam Pariwisata

C.   Tujuan

Makalah  ini di susun supaya :
·         Mahasiswa Mengerti tentang pengertian pariwisata
·         Mahasiswa Mengerti tentang pengertian devisa
·         Mahasiswa mengembangkan industtri pariwisata yang di sampaikan Oleh : Ahmad Zacky  Siradj 2)
·         Mahasiswa Berperan  dalam  Kemajuan Pariwisata

BAB II
PEMBAHASAN

·        Pengertian Pariwisata
Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan bertujuan untuk rekreasi atau liburan, dan refresing. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi,
Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal, makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan, dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan pengalaman baru dan berbeda lainnya.
Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah

·        Pengertian Devisa
Arti definisi / pengertian devisa adalah semua benda yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Yang biasanya banyak dijadikan devisa saat ini adalah dollar amerika (usd) :
Sumber Devisa Bersumber Dari :

1. pinjaman / hutang luar negeri

2. hadiah, bantuan atau sumbangan luar negri

3. penerimaan deviden serta bunga dari luar negeri

4. hasil ekspor barang dan jasa
5. kiriman valuta asing dari luar negri
6. wisatawan yang belanja di dalam negeri
7. Dll

Kegunaan / Manfaat Devisa :

1. membeli barang atau jasa dari luar negeri (impor)
2. membayar hutang pokok serta bunga hutang luar negeri
3. pembiayaan kegiatan perdagangan luar negeri
4. membiayai perwakilan di luar negeri (duta besar, konsulat, dll)
5. membiayai atlit, misi kebudayaan, studi banding / perjalanan dinas pejabat negara
6. dll

Jenis-Jenis / Macam-Macam Devisa :

1. Devisa umum, yaitu devisa yang didapat dari kegiatan ekspor, penjualan jasa serta bunga modal.
2. Devisa kredit, yakni adalah devisa yang diperoleh dari kredit pinjaman luar negeri.
Fungsi Devisa :
1. alat pembayaran hutang luar negeri
2. alat transaksi pembayaran barang dan jasa luar negeri
3. alat transaksi pembiayaan hubungan dengan luar negri seperti membiayai kedutaan, misi budaya, hadiah, bantuan, dll

4. sebagai sumber pendapatan negara

·        MENGEMBANGKAN INDUSTRI PARIWISATA

Oleh : Ahmad Zacky Siradj 2)

Sesungguhnya industri pariwisata ini merupakan suatu industri yang biasanya dihubungkan secara langsung dengan pembangunan ekonomi. Industri ini memiliki hubungan multi dimensi yang tidak hanya terkait erat dengan bidang ekonomi saja, tetapi hampir setiap bidang pembangunan nasional bersentuhan dan erat kaitannya dengan industri pariwisata ini. Lebih-lebih hadirnya industri jasa ini merupakan manifestasi kehadiran aktifitas manusia seperti juga industri-industri dalam bidang-bidang pembangunan yang lainnya. Mengingat begitu eratnya dengan berbagai bidang lain dalam proses pembangunan nasional maka aktifitas kepariwisataan bisa dikembangkan secara optimal. Sehingga pengembangan merupakan suatu proses pelaksanaan program yang terus meningkat ke arah puncak capaian sesuai dengan tujuan yang telah dicanangkan. Jika kita sedikit menengok pada Pembukaan UUD 1945 maka ada amanah yang kiranya dapat dijadikan capaian tujuan itu, yakni terwujudnya kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut mewujudkan perdamain dunia. Kata-kata kunci dari Pembukaan UUD 1945 tersebut penting dikemukakan agar industri pariwisata ini, terutama program-program kegiatannya, tidak keluar dari cita-cita mendirikan negara ini. Karena itu cukup relevan apa yang menjadi topik pembicaraan pariwisata kali ini, yakni bagaimana pengembangan industri pariwisata dalam mendukung Visit Indonesia Year 2009 – 2014 untuk meningkatkan kinerja perekonomian nasional dan memantapkan daya saing bangsa. Sebagai bangsa yang bermartabat maka sudah barang tentu harus


mempunyai pergaulan sesama bangsa-bangsa lain di dunia, bukan hanya sejajar tetapi juga tingkatan martabatnya, harus relatif lebih unggul di banding bangsa-bangsa lain dengan tentu ditunjukkan oleh keunggulan khazanah budaya dan sejarah bangsanya sendiri. Semua ini tentunya akan dapat menjadi unsur utama dalam penyelenggaraan Visit Indonesia Year 2009 – 2014.

Karena memang terjalinnya pergaulan atau komunikasi antar bangsa-bangsa tersebut di antaranya diwujudkan melalui pintu kegiatan pariwisata yakni visit year itu. Melalui visit year ini bangsa-bangsa lain dapat melihat, menyaksikan, menikmati dan mengambil pelajaran juga hikmah tentang sejarah dan perjalanan perkembangan kebudayaan masyarakat bangsa Indonesia. Pariwisata dalam hal ini menjadi pintu bagi pencerahan pengetahuan umat manusia dengan memperoleh berbagai kekayaan pengalamannya dan dari situ lahir berbagai inspirasi untuk kemudian memacu peradaban umat manusia yang lebih luhur dan mulia. Indonesia kiranya mampu berbicara dalam konteks ini. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dunia internasional mengingat khazanah kebudayaan kita yang relatif sangat kaya begitu pula keindahan alamnya yang sangat menarik.

Untuk semua itu kita harus membangun cara pandang baru tentang pariwisata sebagai unsur utama perekonomian nasional, apalagi bila kita ingin mengembangkan industri pariwisata sebagai alat dukung bagi meningkatkan harkat dan martabat negara bangsa di tengah pergaulan dunia internasional yang memiliki daya saing. Ada beberapa langkah strategis yang kiranya dapat dijadikan pertimbangan dalam membangun cara pandang ke arah itu. Dalam hal ini industri pariwisata dapat dipandang sebagai penentu :

Pertama, meningkatnya kesejahteraan masyarakat bangsa. Kedua, terbentuknya kepribadian bangsa Indonesia. Ketiga, terjaganya dan terpeliharanya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat, terjalinnya hubungan antar bangsa-bangsa di dunia secara damai, harmonis dan berperadaban. Kelima, terbinanya kreatifitas masyarakat bangsa dalam berbagai segi kehidupan. Keenam, terbangunnya keseimbangan hidup masyarakat bangsa dengan keberlangsungan kehidupannya. Ketujuh, terbangkitkannya spiritualitas masyarakat bangsa. Kedelapan, terjalinnya kebersamaan dan kepedulian untuk percepatan optimalisasi sektor pariwisata.

1. Untuk meningkatnya kesejahteraan  masyarakat bangsa, maka peran pariwisata antara lain :

-
Terbukanya lapangan kerja, baik langsung maupun tidak langsung.
- Terkuranginya kemiskinan dan pengangguran.
- Terciptanya keahlian spesialisasi di bidang pariwisata dengan standar kompetensi internasional.
- Meningkatnya pendapatan masyarakat.
- Meningkatnya pendapatan daerah.
- Meningkatnya devisa negara.

2. Untuk terbentuknya kepribadian bangsa Indonesia, peran pariwisata antara lain :

- Berkembangnya kebudayaan daerah sehingga dapat menumbuhkan kearifan lokal.
- Berkembangnya kebudayaan nasional sehingga dapat memperkaya peradaban umat manusia di dunia.
- Terpeliharanya khazanah sejarah dan budaya sehingga masyarakat bangsa sadar terhadap perjuangan dan tanggung jawab masa depannya.

3. Untuk terjaganya dan terpeliharanya keutuhan NKRI, peran pariwisata antara lain :

- Terpeliharanya keasrian tanah air tercinta karena dipandang sebagai bagian dari halaman rumah kita.
- Terbangunnya dan terlaksananya kegiatan-kegiatan pariwisata di pulau-pulau terdepan/terluar sehingga menjadi unsur pertahanan teritorial yang strategis.
- Terpeliharanya keindahan alam dan keberlanjutannya lingkungan hidup sehingga kepastian batas wilayah negara terawasi setiap saat.

4. Untuk terjalinnya hubungan antar bangsa-bangsa di dunia secara damai, harmonis dan berperadaban, maka peran pariwisata antara lain :

- Terlaksananya proses akulturasi secara damai dengan tidak memupus jati diri bangsanya masing-masing.
- Terjalinnya studi komparatif dari setiap keunggulan budaya bangsa-bangsa.
- Saling menghargai atas keunggulan khazanah sejarah dan budaya sehingga bersepakat menempatkannya sebagai puncak peradaban manusia.

5. Untuk terbinanya kreatifitas masyarakat bangsa dalam berbagai segi kehidupan, maka peran pariwisata antara lain :

- Berkembangnya sanggar-sanggar seni budaya.
- Bermunculannya pusat-pusat kerajinan tangan.
- Berkembangnya dapur-dapur kreatif yang membuat aneka jenis makanan daerah dan tradisional.
- Terciptanya suasana yang kondusif bagi kreatifitas kaum muda yang kreatif.
- Terbinanya berbagai keahlian yang menopang langsung terhadap perkembangan pariwisata.

6. Untuk terbangunnya keseimbangan hidup masyarakat bangsa dengan keberlangsungan kehidupannya, maka peran pariwisata antara lain :

- Terjaganya dan terpeliharanya hutan dengan segala habitatnya.
- Terbinanya alam kehidupan pedesaan.
- Terpeliharanya tatanan kota tua.
- Terjaganya lingkungan udara segar dengan penghijauan perkotaan.
- Terbangunnya sikap hidup budaya bersih.
- Terefleksikannya sikap hidup yang ramah, bersahabat dan suka menolong.

7. Untuk terbangkitkannya spiritualitas masyarakat bangsa, maka peran pariwisata antara lain :

- Terbangunnya cara pandang bahwa pariwisata merupakan jendela mensyukuri nikmat Tuhan.
- Pusat-pusat keagamaan dapat menjadi obyek kunjung yang memiliki daya tarik.
- Upacara-upacara keagamaan sebagai atraktif yang dapat mengundang pesona.

8. Terjalinnya kebersamaan dan kepedulian

- Agar ketujuh hal di atas dapat terealisasikan secara optimal maka perlu adanya kebersamaan antara pemangku kepentingan pariwisata yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat.
- Jika pemangku kepentingan ini memiliki kepedulian yang tinggi maka persoalan promosi, aksesibilitas, transportasi, akomodasi, keamanan juga pengembangan produk mendapat penyelesaian secara seksama.
- Untuk memelihara kebersamaan dan kepedulian tersebut maka institusi, regulasi, kemampuan manusia yang menangani industri pariwisata ini sedapat mungkin memenuhi yang diharapkan.

Demikianlah beberapa langkah untuk membangun cara pandang dan cara menyikapi dunia pariwisata sebagai salah satu industri jasa yang strategis bagi mewujudkan cita-cita masyarakat bangsa Indonesia.

Jakarta, 2 Juli 2009
1) Makalah disampaikan pada Forum Group Discussion (FGD) Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Kamis, 2 Juli 2009.
2) Sekretaris Jenderal Badan Pimpinan Nasional Masyarakat Pariwisata Indonesia (BPN MPI)

·  Peran Mahasiwa Terhadap  Pariwisata\

Wahasiswa bisa menjadi salah satu penyampai yang baik tentang wisata di indonesia ini. Kini banyak para pelajar Indonesia yang saling bertukar pelajar dengan  Negara relasi lainnya, Hal ini membuka gerbang yang besar untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada duni termasuk mengenalkan tempat pariwisata yang ada di Indonesia.  Jadi peran  untuk memajukan pariwisata tidah hanya di tumpu oleh pemeriuntah saja,  generasi muda bias juga menjadi pilar penyalur perkenalan pariwisata terhadap mata dunia. Tak perlu iklan mahal untuk mengenalkan wisata Indonesia di mata dunia bila bara remajanya ikut berperan memajukannya. Untuk sederhananya kita bias juga mengenalkan pariwisata di daerah kita terhadap orang orang yang masih belum mengerti tentang tempat-tempat pariwisata melalui dunia internet, jejaring social dan di merbagai media yang bias menarik turis baik di domestic maupun maca Negara.
Banyak selogan kini yang muda yang berkarya, untuk mewujudkan itu seharusnya minat para remaja di tingkatkan dalam mencapai tujuan yang bias mengasilkan cita-cita. Dimana ketika kita bias melihat peluang bisnis atau industry di sekitar kita melalui peran wisata.  Mahasiswa harus cerdik memikirkan suadaya yang bias menghasilkan peluang kerja di dalamnya. Tak jarang kini timbul para mahasiswa yang kaya raya karena usaha membidik pasar wisata, seperti kuliner, tempar wisata suasta dan berbagai macam objek wisata.  Banyak hal yang bias terwujud di dalam pencapaian  itu, mahasiswa bisa membuat lapangan pekerjaan, bisa membuat khas kuliner wisata yang baru, dan  peluang jasa pendukung  pariwisata misalnya penyedia trefel dan tempat penginapan  yang bukan milik mahasiswa itu tersebut namun mahasiswa bsa memberikan jasa periklanan terhadap perusahaan pariwisata untuk mengiklankan itu melalui media internet seperti website.
Daya cipta dan  kreasi mahasiswa yang bukan hanya dapat memelihara yang ada, tetapi juga dapat menciptakan berbagai kreasi baru sehingga berbagai jenis wisata mulai dari wisata budaya, belanja, alam, olah raga, riset dan lain sebagainya, dapat berkembang secara variatif dan terus berkelanjutan. Kesemuanya ini terletak dari bagaimana peran masyarakat dalam memajukan pariwisata. Sebab jika masyarakatnya pasif apalagi tidak punya kreatifitas maka kegiatan pariwisata akan sunyi senyap. Itu sebabnya peran masyarakat dalam memajukan pariwisata nasional bukan hanya penting tetapi juga strategis,



















BAB III
PENUTUP

III.I KESIMPULAN

Bahwa pariwisata itu adalah asset Negara yang penting menghadilkan pendapatan Negara dan untuk ciri khas suatu Negara. Pariwisata bisa menjadi industry yang memajukan Indonesia , membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, menciptakan usaha baru yang di kelola oleh suasta dan juga memberikan  sebuah industry yang bisa menhasilkan omsed yang sangat menjanjikan. Mahasiswa juga harus berperan terhadap kelangsungan pariwisata di Indonesia agar tidak di akui tentang wisata budayanya dan kulinernya.
















Makalah Usaha Foto Copy

A.    Latar Belakang

Latar belakang daripembuatan usaha foto copy ini adalah saya melihat masih banyak di daerah sekitar rumah saya yang belum ada tempat pelayanan jasa foto copy  padahal daerah sekitar rumah saya terdapat sebuah sekolah menengah pertama. Jadi dengan adanya sekolah tersebut saya dapat mendirikan usaha tersebut di tambah lagi banyak anak mahasiswa sekitran daerah rumah saya. Jadi menurut saya usaha ini akan berhasil melihat persaingan yang belum terlalu ketat.

B.     Tujuan

1.      Membuka lapangan kerja
2.      Membantu pelayanan jasa foto copy terhadap masyarakat sekitar

C.    Sasaran Usaha

1.      SMP Negeri 17 Kendari
2.      Masyarakat khususnya Mahasiswa Sekitar

D.    Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran disini saya akan memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan misalnya :

1.      Penyebaran brosur
Saya akan menyebarkan selembaran brosur yang isinya tentang pemberitahuan adanya temapat usaha saya.

2.      Pemberian diskon
Pemberian diskon ini saya lakukan tentunay untuk menarik pelanggan agar mau datang k temapat saya tentunya pelayanan tetap terjaga.

E.     Profil Usaha

Nama usaha           : Ilham Foto Copy
Alamat      : Jalan Mekar Jaya 1
Telpon.      : 085756880081


F.     Rincian Keuangan
Modal Usaha
1. Harga Kertas Rp 24.000 ,- setiap rim ( 500 Lembar )
2.   Harga Toner / Tinta Rp 95.000,- untuk pemakaian 20.000 Lembar
3.   Pembayaran Listrik / bulan Rp 100.000,- untuk pemakaian 39.000 lembar / bulan ( Estimasi 1 hari
= 1500 lembar / 3 rim x 26 hari kerja )

4.   Tenaga operator dibagi 4 pekarja     :
a. Photocopy
b. Jilid
c. Laminating
d. Pelayanan ATK

5. Sparepart Drum kit set Rp 4.000.000 ,- untuk pemakaian min 2.000.000 lembar
Pendapatan
Rp. 2.500.000 perminggu x 4 = Rp. 10.000.000,-/bulan
Pengeluaran

Biaya Pembelian Bahan Baku :

1. Rp. 1.250.000,00  (pembelian kertas/bulan)

2. Rp. 250.000,00     (pembelian tinta/bulan)


Biaya Operasional Perbulan :

Gaji karyawan               = Rp.      800.000  / bulan

Membayar Listrik           = Rp.   4.000.000  / bulan

Biaya tak terduga           = Rp.     400.000  / bulan
Keuntungan

Laba Bersih : Rp. 10.000.000,00 – Rp. 6.700.000,00 = Rp. 3.300.000,00 / 



BAB III
PENUTUP

a.      Kesimpulan

Kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa dalam menjalakan usaha kita harus mempunyai strategi yang matang dengan cara cara yang terstruktur agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan kita yang di awal. Selain itu konsep dari usaha harus di perhatikan agar konsistensinya tetap terjaga karena dengan konsep usaha kita dapa berinovasi tanpa perlu mengikuti yang sudah ada sebelumnya. Sehingga konsep harus diperhatikan sebagai pembeda usaha kita dengan usaha orang lain.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar