BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Perkembangan teknologi pada saat ini
sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik manusia
tidak akan lepas dengan teknologi. Mulai dari bangun tidur hingga tidur
lagi, hidup kita pasti berhubungan dengan teknologi. Dengan perkembangan
teknologi, maka memudahkan kita pada segala sesuatu. Bahkan saat ini teknologi
sudah merupakan suatu trend kehidupan. Pemakaian teknologi merupakan simbul
dari kemodernan seseorang atau bisa menunjukkan status sosial seseorang,
Semakin canggih produk yang kita gunakan dengan memanfaakan tehnologi, maka
menunjukkan semakin tinggi status sosial kita atau dipandang lebih modern.
Teknologi saat ini yang paling cepat
berkembang adalah teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi.
Perkembangan ini sangat terlihat akselerasinya dalam kehidupan, dan hampir
setiap sisi kehidupan kita selalu merasakan manfaat adanya perkembangan teknologi
informasi dan telekomunikasi tersebut. Perkembangan tersebut akan menumbuhkan
pula bisnis di bidangnya, sebagai contoh adalah internet dan komputer. Setiap
perkembangan teknologi akan mendukung munculnya teknologi baru, atau fasilitas
baru dalam suatu produk tersebut. Oleh karena itu maka produk-produk teknologi
tersebut setiap saat akan naik dan terus meningkat jumlahnya.
Perkembangan teknologi komputer
contohnya sangat jelas kita rasakan saat ini. Dalam teknologi prosesor sendiri,
setiap tahun terjadi inofasi baru yang lebih baik. Perkembangan prosesor
sebagai contoh keluarga Pentium 486, Pentium I, Pentium II, Pentium III,
Pentium IV dan sekarang core to duo. Prosesor merupakan otak dari komputer dan
pengatur segala proses komputer. Konsumen biasanya menyesuaikan anggaran yang
dimiliki untuk dapat memiliki komputer sendiri. Karena teknologi adalah
mahal, untuk membeli sebuah unit komputer yang dapat mengikuti perkembangannya
memerlukan banyak dana.
Segala aspek kehidupan kini
terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama
komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya
komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan
mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi, waktu yang
mendesak dan dikejar deadline atas suatu pekerjaan tertentu hingga tidak
memadainya skill untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut tepat waktu.
Keadaan tersebut mengakibatkan
keberadaan jasa rental dan pengetikan komputer tetap eksis walaupun telah
banyak pesaing yang muncul dikotasalatiga sendiri. Jasa pengetikan menggunakan
komputer tetap memiliki tempat tersendiri di masyarakat kini. Namun tidak
disangkal, bahwa usaha rental dan pengetikan saat ini tidak dapat bertahan
apabila hanya menggantungkan diri pada satu jenis usaha saja. Kenyataannya
sekarang ini masyarakat dengan mudah dapat memperoleh satu unit komputer jika
hanya digunakan untuk mengetik. Keberadaan komputer di rumah-rumah telah
banyak. Namun kebanyakan pemilik komputer kurang memiliki keterampilan yang
cukup untuk merawat komputer yang dimiliki. Oleh karena itu, usaha rental dapat
dikembangkan dengan sub usaha servis komputer.
Jenis bisnis lain yang cukup
berkembang dewasa ini adalah teknologi digital. Maraknya perkembangan handphone,
terutama yang dilengkapi fasilitas kamera dan pemutar lagu, merupakan pasar
yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Peluang usaha cetak foto
digital dari handphone menjadi tren usaha yang cukup menjanjikan income yang
tinggi. Agar dapat survive, maka bentuk usaha yang didirikan harus memiliki
banyak produk jasa.
B. Tujuan
Tujuan dari Pembuatan Warnet
diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Untuk melayani jasa ketik, browsing,
dan lain-lain
2. Agar memahami tentang Internet
3. Mengetahui hal-hal positif yang bisa
diambil dari membrowsing Internet
4. Tidak ketinggalan dengan
negara-negara lain yang sudah lebih mengenal Internet
BAB II
PEMBAHASAN
Profil Usaha
Profile Warnet: Ilham.Net
Jl. Mekar Jaya 1 RT.014 RW.03
Ponggolaka- Kendari
Koneksi internet kecepatan tinggi,
webcam, sehingga nyaman untuk video chatting, bisnis online, browsing, game
online maupun download.
Nama: Ilham.Net
Tanggal Berdiri: 11 November 20013
Location: Ponggolaka, Kendari
Kategori Warnet: NetCafe
Alamat: Jl. Mekar Jaya 1 RT.014
RW.03 Ponggolaka- Kendari
Kodepos: 93117
No Telp: 085756880081
Buka: 07.00 s/d 22.00 WIB
Hari Libur: Tetap buka 7 hari
seminggu
Jumlah unit station: 10 unit
Kecepatan Akses: 2 Megabyte
Operating System: Windows XP
Home
Fasilitas plus: High speed
internet connection. Computers with 17 inches LG Flatron LCD monitor. Logitech
keyboard, optical mouse & state-of-the-art Webcam. Head set, scanner, full
color printer. Full air-conditioned. Soft Drinks with display refrigerators.
Small kiosk selling thumb (flash) drive, Diskette, etc.
Warnet GreenHouse menyediakan
rupa-rupa minuman ringan untuk melepaskan dahaga anda. Bisa diperoleh melalui
operator. Ragam minuman dingin yang disediakan antara lain : Fresh Tea,
Coca-Cola, Fanta Apple – Grape – Orange, Pocari Sweat, Birdy Coffee Milk, Yeos
Winter Melon, Yeos Soya Bean, You-C 1000, Aqua Botol, Powerade, dll
Membership: Membership is not
required, but member will get discount
estimasi pelanggan per hari: 100-150
Usia Pelanggan rata rata: 12-30
Internet Browser: Internet Explorer
7.0, Mozilla Firefox 2.0
Harga Pelajar Rp.3000
Harga Personal Rp.3000
Paket 1 ( 4 Jam ) Rp.10000
B. Kiat-Kiat
Untuk Menjadi Pengusaha Sukses
Pengertian
Banyak orang yang berminat dan
berniat untuk menjadi pengusaha yang sukses, namun hanya
sedikit saja yang berhasil mewujudkan dirinya menjadi pengusaha
sukses. Dalam hal ini modal utama yang harus dimiliki adalah kemauan. Pepatah
yang mengatakan “dimana ada kemauan disitu ada jalan” memang benar adanya.
Namun untuk menjadi seorangpengusaha sukses, tidak hanya kemauan
yang kuat yang diperlukan. Kita perlu juga mengetahui langkah – langkah, tips
dan cara – cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan itu.
Kiat Wirausaha Tersebut
1. Awali Dengan Impian dan Imajinasi
Sebelum manusia bisa mendarat di
bulan, tak pernah ada yang berfikir bahwa hal itu adalah sebuah kenyataan. Ide
mendarat di bulan pada awalnya adalah sebuah mimpi indah yang
tak akan pernah terwujud.Namun impian dan imajinasi itu akhirnya berubah
menjadi kenyataan ketika seseorang telah membuktikannya dengan pendaratan
manusia pertama kali ke bulan. Yang perlu diingat adalah segala sesuatu
keberhasilan itu bermula dari impian dan keyakinan dengan didorong oleh
kerja keras untuk mewujudkannya. Jika anda mempunyai impian untuk
menjadi seorang pengusaha yang sukses dan punya niat untuk mewujudkannya, maka
segeralah bangun dari mimpi anda. Bekerja keraslah untuk segera merubah mimpi
anda itu menjadi kenyataan. Hanya seorang pemimpi yang mampu menciptakan dan
membuat sebuah terobosan dalam produk, jasa ataupun ide yang bisa sukses.
Mereka tidak mengenal kata tidak bisa atau tidak mampu.
2. Semangat dan Kegigihan
Antusiasme, semangat dan kegigihan
adalah sebuah modal utama di dalam memulai sebuah perjuangan baru untuk
mencapai keberhasilan . Bila anda loyo, tidak bersemangat dan dan bermalasan,
yakinlah tidak lama lagi anda akan segera mengalami kegagalan total. Carilah
motivasi usaha anda itu dengan mempelajari perjuangan pengusaha-pengusaha yang
sukses pendahulu anda.
3. Mempunyai Pengetahuan Dasar-dasar Bisnis
Tanpa adanya pengetahuan dasar-dasar
bisnis hanya akan membuat usaha anda seperti sebuah kelinci percobaan.
Kemungkinan besar hanya akan banyak mengalami kegagalan. Tidak akan ada sukses
tanpa sebuah pengetahuan. Yang terbaik adalah belajar sambil bekerja. Bekerja
dengan orang lain dulu sebelum anda menjadi pebisnis sangat membantu anda
menyerap ilmu dan pengalaman dan siap sukses.
4. Berani Mengambil Resiko
Setiap sesuatu yang kita usahakan
tentu akan ada resikonya. Semakin besar hasil yang ingin dicapai, tentu
kemungkinan resiko yang akan dialami apabila mengalami kegagalan juga besar.
Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses. Jangan takut
akan kegagalan, tapi jadikanlah kegagalan itu sebagai batu loncatan
menuju kesuksesan.
5. Kerja Keras
Hanya dengan bekerja keraslah sebuah
usaha akan mengalami kemajuan dan kesuksesan. Bohong apabila ada yang
mengatakan dia meraih keberhasilan yang gemilang hanya dengan duduk beberapa
saat di tempat kerja seperti yang sering dikatakan pengiklan di internet.
Sebenarnya awal mula mereka merintis usahanya itu adalah dengan kerja keras
tanpa mengenal putus asa dan banyak berkorban waktu dan tenaga.
6. Mau Belajar Dari Pengalaman Orang
Lain
Pepatah mengatakan: “Pengalaman
adalah guru yang terbaik.” Seorang calon pengusaha yang sukses mau mengambil
pengalaman dari orang lain dan dari dirinya sendiri. Apapun pengalaman
seseorang itu baik kesuksesan atau kegagalan harus dijadikan suatu pelajaran
yang berharga sebagai panduan dia dalam memulai usaha atau mengembangkan
usahanya.
7. Bersedia Menerima kritikan dan Nasehat Dari Orang Lain
Sebagian orang menganggap bahwa
kritikan yang ditujukan kepadanya itu adalah sebagai sebuah penghambat bagi
kelangsungan usahanya. Akan tetapi bagi orang yang berfikir normal akan
menjadikan kritikan atau bahkan nasehat dari orang lain itu sebagai gurunya
yang membimbing dia ke arah sukses. Menerima kritikan berarti menyadari bahwa
kita mempunyai kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan yang ada pada kita maka
kita bisa memperbaiki kekurangan itu. Berterimakasihlah kepada orang yang mau
menegur dan mengkritik kita.
8. Menjalin Kerjasama Dengan Orang Lain
Betapapun pandainya seseorang itu,
apabila dia bekerja sendiri maka perjuangannya itu hanya akan sia-sia belaka.
Tidak ada seorang pebisnis pun yang mampu bekerja sendiri. Kerjasama dengan
rekan, teman, mitra kerja dan klien sangat penting bagi perkembangan suatu
bisnis. Merekalah yang akan memberi masukan, saran dan kritik dan membantu di
saat-saat sulit. Seorang pebisnis harus mampu menjalin kerjasama dan bergaul
untuk menjalin relasi bisnis dengan seluas-luasnya.
9. Berani Menghadapi Kegagalan
Jangan dikira para pebisnis yang
telah mapan dan maju tidak pernah mengalami kegagalan. Bahkan mereka pun suatu
waktu pernah mengalaminya. Hanya saja mereka tidak pernah putus asa dan terus
berusaha sampai sukses. Orang yang takut gagal adalah orang yang pengecut yang
tidak berani melakukan apapun dan kerjanya hanya menghayal saja.
10. Tidak Suka Menunda
Seperti kata pepapatah: “Time is money!” Oleh karena janganlah suka menunda-nunda suatu pekerjaan. Lakukanlah saat ini, sekarang juga selagi ada kesempatan. Menunda suatu pekerjaan berarti adalah suatu kerugian yang akan membuat anda menyesal.
C. Resiko
Usaha
Pengertian
Menurut para ahli
1) Arthur Williams dan Richard, M H
Resiko adalah suatu variasi dari
hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode terentu
2) Abas Salim
Resiko adalah ketidaktentuan yang
mungkin melahirkan peristiwa kerugian
3) Soekarto
Resiko adalah ketidakpastian atas
terjadinya suatu peristiwa
4) Herman Darmawi
Resiko adalah penyebaran
penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan
Kesimpulannya :
Resiko adalah sesuatu yang selalu
dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya keadaan yang merugikan dan tidak diduga
sebelumnya bahkan bagi kebanyakan orang tidak menginginkannya.
Resiko Yang Dihadapi
~ Perencanaan yang kurang matang
~ Kurangnya modal
~ Bakat yang tidak cocok
~ Kurang pengalaman
~ Lemahnya pemasaran
~ Tidak mempunyai semangat
berwirausaha
~ Tidak mempunyai etos kerja yang tinggi
Cara Mengatasinya
Masalah yang timbul dari proyek
usaha warnet adalah :
• Tempat yang kurang strategis
• Hardware dan software yang kurang
memadai
• Jumlah pengunjung yang sedikit.
PEMECAHAN MASALAH DIATAS
• Tempat yang kurang strategis
Salah satu hal yang paling penting
dalam mengembangkan usaha tersebut adalah lokasi yang strategis, tetapi jika
semua sudah terlanjur basah, ibarat pepatah mengatakan mau bilang apa tetapi
ada langkah dan strategi dalam mengembangkan usaha tersebut agar terhindar dari
pailit yaitu :
• Perbanyaklah promosi seperti
stiker, spanduk, pamlet, dan brosur.
• Usahakan tempat tersebut bersih
dan nyaman.
• Usahakan pengunjung betah berada
disana karena semua kebutuhanya terpenuhi seperti, makanan, minuman, toilet dan
semua yang dibutuhkan pengunjung
• Hardware dan software yang kurang
memadai
salah satu penunjang dari warnet
agar pengunjung puas adalah hardware dan softwarenya, jika salah satu yang
mereka inginkan mereka merasa kurang puas dengan warnet tersebut hal yang harus
dilakukan adalah :
• menambahkan apa saja yang kurang.
• Selalu mengupdate software
terbaru.
D. Pembuat
Keputusan
Pengertian Pembuatan Keputusan
Pengambilan keputusan mengandung
arti pemilihan altematif terbaik dari sejumlah Alternatif yang tersedia.
Teori-teori pengambilan keputusan bersangkut paut dengan masalah bagaimana
pilihan-pilihan semacam itu dibuat.
Menurut Davis (1988) keputusan
adalah hasil dari pemecahan masalah yang dihadapinya dengan tegas. Hal ini
berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengenai apa yang harus
dilakukan dan seterusnya mengenai unsur-unsur perencanaan. Keputusan dibuat
untuk menghadapi masalah-masalah atau kesalahan yang terjadi terhadap rencana
yang telah digariskan atau penyimpangan serius terhadap rencana yang telah
ditetapkan sebelumnya. Tugas pengambilan keputusan tingkatnya sederajad dengan
tugas pengambilan rencana dalam organisasi.
Bagaimana Cara Membuat Keputusan
dalam proses pengambilan keputusan
tidak ada hal yang terjadi secara kebetulan;
pengambilan keputusan tidak dapat
dilakukan secara “sembrono” karena cara pendekatan kepada pengambilan keputusan
harus didasarkan atas kemampuan organisasi, tenaga kerja yang tersedia, dan
situasai lingkungan;
bahwa sebelum sesuatu masalah data
dipecahkan dengan baik, hakekat daripada masalah ini harus diketahui dengan
jelas;
pemecahan masalah tidak dapat
dilakukan melalui “ilham” atau dengan mengarang yang berdasarkan data-data yang
telah didapatkan;
keputusan yang baik adalah keputusan
yang telah dipilih dari berbagai altrnatif yang ada setelah dianalisis dengan
matang.
E. Kepemimpinan
Pengertian Kepimpinan
Dalam suatu organisasi kepemimpinan
merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang
telah ditetapkan oleh organisasi. Kepemimpinan merupakan titik sentral dan
penentu kebijakan dari kegiatan yang akan dilaksanakan dalam organisasi.
Kepemimpinan adalah aktivitas untuk mempengaruhi perilaku orang lain agar
supaya mereka mau diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu (Thoha, 1983:123).
Sedangkan menurut Robbins (2002:163) Kepemimpian adalah kemampuan untuk
mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai tujuan. Sedangkan menurut Ngalim
Purwanto (1991:26) Kepemimpinan adalah sekumpulan dari serangkaian kemampuan
dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamnya kewibawaan untuk dijadikan
sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan
dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh
semangat, ada kegembiraan batin, serta merasa tidak terpaksa.
Pengertian Kepemimpinan Otoriter
Tipe kepemimpinan yang otoriter
biasanya berorientasi kepada tugas. Artinya dengan tugas yang diberikan oleh
suatu lembaga atau suatu organisasi, maka kebijaksanaan dari lembaganya ini
akan diproyeksikan dalam bagaimana ia memerintah kepada bawahannya agar
kebijaksanaan tersebut dapat tercapai dengan baik. Di sini bawahan hanyalah
suatu mesin yang dapat digerakkan sesuai dengan kehendaknya sendiri, inisiatif
yang datang dari bawahan sama sekali tak pernah diperhatikan.
Analisis SWOT
Pengertian / Tujuan Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode
perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths),
kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam
suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk
akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini
melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak
dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara
menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya,
kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah
bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan
(weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang
(opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu
menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi
nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Analisis SWOT Usaha Tersebut
Strenght :
Telah berpengalaman mendirikan dan
memanajemen warnet
Mengetahui seluk beluk pasar dan
konsumen di bukit danpalembangdan.
Memahami seluk beluk komputer dan
internet.
Memiliki strategi sistem pemasaran
dan publikasi yang terstruktur terhadap konsumen.
Mampu menyediakan
pelatihan-pelatihan dasar baik komputer, software, hardware dan internet.
Mampu menyediakan usaha-usaha lain
di bidang komputer, seperti percetakan, rental, on line games, dll.
Weakness :
Tidak mempunyai temapat sendiri
untuk usaha.
Opportunity:
Warnet saingan sangat lambat dan
sangat mahal (Rp 7.000 / jam).
Lokasi adlah pusat kos-aan
mahasiswa, dan terdapat perguruan tinggi negeri terbesar.
Konsumen pelajar yang belum terjamah
sebagai target konsumen potensial.
Threat :
Mahasiswa yang kos akan pulang
kampung pada saat liburan.
Konsumen umum (selain mahasiswa dan
pelajar) belum mengenal komputer dan internet.
Telah ada warnet di sekilar lokasi.
BAB III
PENUTUP
a. Kesimpulan
Perkembangan teknologi pada
saat ini sudah tidak terbendung lagi. Bahkan pada saat sekarang setiap detik
manusia tidak akan lepas dengan teknologi.
Segala aspek kehidupan kini
terpengaruh oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terutama
komputer. Segala macam kegiatan manusia sudah dipermudah dengan adanya
komputer. Namun demikian, banyak praktisi dalam dunia kerja yang kesulitan
mengikuti perkembangan jaman karena usia yang tidak muda lagi
Kondisi masyarakat yang
sebagian besar masih berada di bawah garis kemiskinan diperparah dengan kondisi
perekonomian negara yang masih belum stabil.
Hal hal yang perlu
diperhatikan pada saat bisnis Warnet
adalah: Lokasi, Koneksi internet, Spesifikasi
unit computer dan Ruangan
b. Saran
Demikian makalah yang kami buat,
semoga makalahh ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa dan memberikan
pengetahuan dan memajukan ekonomiIndonesia.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kemajuan
teknologi kini semakin pesat, dan kebutuhan untuk mengerjakan sesuatu pun kini
ditekankan
memakai teknologi karena lebih efisien dan cepat, salah satunya yaitu komputer,
alat
yang sering digunakan untuk proses input output, print, dan kegiatan lainnya.
Dengan
melihat hal tersebut maka demi memenuhi kebutuhan konsumen dengan adanya
fasilitas
komputer tersebut, kami ingin mendirikan dan mengadakan suatu sarana
prasarana
rental komputer.
B. Maksud & Tujuan
Maksud
pendirian tersebut agar masyarakat sekitar lebih mengenal dunia teknologi yang
terus
berkembang dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak
tetinggal..
Tujuan
Sosial:
Meningkatkan
mutu SDM masyarakat sekitar dalam mengenal dan menerapkan teknologi
dalam
kehidupan sehari-hari
Tujuan
Komersial:
a.
Sebagai lahan berwirausaha.
b.
Mendapatkan Profit
A.
NAMA USAHA
Usaha
yang akan dikembangkan diberi nama “Clary-Com”.
B.
RENCANA LOKASI USAHA
Rencana
lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai
berikut
:
1. Lokasi
dekat dengan kawasan pendidikan baik itu Sekolah Menengah Umum dan
Sekolah
Menengah Pertama.
2.
Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi
yang kami prioritaskan adalah di Klari, dengan pertimbangan :.
Disekitar
lokasi terdapat beberapa sekolah antara lain : SMPN 1 KLARI, SMP PGRI
KLARI
, dan Mts Al-Ianah.
Lokasi
berada kawasan pasar yang ramai.
Lokasi
berada pada perumahan penduduk.
Merupakan
daerah pemerintahan kecamatan
C.
TARGET PELANGGAN
Target
pelanggan adalah : pelajar dan para birokrat/PNS karena mereka lebih sering
menyerahkan
tugas untuk dikerjakan oleh rental, serta siswa karena mereka sering
mendapatkan
tugas membuat makalah dan atau tugas print out.
D.
JENIS USAHA
Jenis
usaha yang direncanakan sesuai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki
adalah
:
1.
Rental Komputer (konsentrasi pada bulan pertama)
2.
Service komputer (pada bulan ke-3)
E.
KEUNGGULAN KAMI
Kami
memiliki keunggulan antara lain :
1.
Semua pemasangan komputer kami bisa lakukan sendiri dengan demikian tidak perlu
menganggarkan
dana untuk jasa dari pihak ketiga.
2.
Kami memprioritaskan memakai PC Bekas, demi menghemat biaya namun demikian
harus
tetap
terjaga kualitasnya.
F.
SOFTWARE & HARDWARE
Perangkat
keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
Komputer
Pentium 3 built up second sebanyak 10 unit, server Pentium 4 1 unit
Perangkat
jaringan.
Sistem
operasi yang akan digunakan adalah Windows XP Professional.
Modal
Awal :
A.
Perizinan Rp. 1000.000
B.
- DP Sewa Gedung/Ruko Rp. 800.000
-
AC Rp. 500.000
-
Meja & Kursi 5 Set Rp. 1000.000
-
Pendaftaran Pelanggan PLN+Pemasangan Rp. 1000.000
C.
10 Perangkat komputer Second Rp. 15.000.000
D.
Software
-
OS Ms Windows XP Professional Original Rp. 1300.000
-Software
Billing
E.
Biaya Pengiriman & Administrasi Rp. 300.000
Biaya
Operasional :
1.
Sewa Gedung Rp. 800.000/bln
2.
Biaya Listrik Rp. 400.000/bln
3.
Biaya Gaji Pekeja Rp. 500.000/bln
Total
Keseluruhan Rp. 22500000
G.
MODAL & PENGHASILAN
Modal
yang kami butuhkan untuk medirikan warnet ini plus biaya operasioanl selama 1
bulan
pertama
adalah Rp 22.500.000,- dengan perkiraan laba bersih minimal Rp 2.000.000,- per
bulannya.
Perkiraan
Pendapatan Kotor (Bruto):
Buka
Dari Jam 07.00 s.d. 24.00 = 17 Jam
Sewa
Per Jam = Rp. 2000
Perkiraan
Sewa Per Hari = 10 Jam X 10
=
100 Jam
Perkiraan
Pendapatan Per Hari = 60 x 2000
=
Rp. 120.000
Perkiraan
Pendapatan Per Bulan = Rp. 120.000 x 30
Total
= Rp. 3600.000
Perkiraan
Pengeluaran :
-
Listrik =Rp. 500.000/Bulan
-
Sewa Gedung/Ruko =Rp. 300.000/Bulan
-
Gaji Operator =Rp. 300.000/Bulan
-
Satpam =Rp. 300.000/Bulan +
Rp.
1.400.000
Perkiraan
Pendapatan Bersih/Bulan:
Pendapatan
Kotor =Rp. 3600.000
Pengeluaran
=Rp. 1400.000 -
Jumlah
=Rp. 2.200.000
H.
STRATEGI PROMOSI
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
Bekerja
sama dengan pihak sekolah dalam rangka mengadakan kerja sama pelatihan komputer
dan
menyebarkan pamflet rental dan service komputer.
I.
PENUTUP
Demikian
proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam
mencerdaskan
bangsa
dan memberikan lapangan pekerjaan dan memajukan ekonomi Indonesia. Terimakasih
PROPOSAL USAHA STUDIO PHOTO MINI
Puji
syukur kami panjatkan kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas rahmat dan
karunianya kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang Insya Alloh akan
bermanfaat bagi kami dan masyarakat pada umumnya. Salam dan shalawat
senantiasa tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallohu Alaihi Wasallam yang
menjadi Uswatun Hasanah bagi seluruh manusia, beserta para sahabat, tabiin,
tabiut tabiin, serta orang-orang yang tetap istiqamah di jalannya hingga akhir
zaman.
Sebagai
Mahasiswa kita dituntut untuk hidup mandiri, hal ini sejalan dengan hadist
Rasulullah Shollallohu Alaihi Wasallam berikut,
Dari
sahabat Rafi’ bin Khodij ia menuturkan: dikatakan (kepada Rosulullah
Shollallohu ‘Alaihi Wasallam),
wahai Rasulullah, penghasilan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, “hasil pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan setiap perniagaan yang baik”.
wahai Rasulullah, penghasilan apakah yang paling baik? Beliau menjawab, “hasil pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri dan setiap perniagaan yang baik”.
Berangkat
dari hadis ini maka kami ingin mencoba mengembangkan sebuah usaha yang insya
Alloh memiliki prospek ke depan yang cukup baik.
1. LATAR BELAKANG
Bidang
usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan
menguntungkan. Apalagi dengan teknologi digital saat ini, foto dengan mudah
dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi desain, huruf dan
sebagainya sehingga dapat lebih menarik lagi. Dengan teknologi digital, hasil
foto fotografer amatir-pun dapat berkesan “professional”.
Sayangnya
investasi mesin cetak, konvensional maupun digital sangatlah mahal, berkisar
ratusan juta hingga milyaran rupiah. Belum lagi faktor lain seperti service,
perawatan & spare parts mesin yang tidaklah murah.
2. MAKSUD
DAN TUJUAN
Maksud
dari proposal ini adalah dapat memberikan gambaran umum dari usaha yang kami
laksanakan.
Tujuan dari proposal ini adalah :
- Menumbuhkembangkan
jiwa wirausaha;
- Mampu
meningkatkan ekonomi bangsa.
3. NAMA USAHA
Usaha yang
akan dikembangkan diberi nama “STUDIO PHOTO ILHAM”
4. RENCANA
LOKASI USAHA
Rencana
lokasi usaha akan di tempatkan di daerah yang memenuhi syarat sebagai berikut:
- Lokasi
dekat dengan kawasan kantor dan pendidikan seperti perguruan tinggi atau
sekolah.
- Lokasi
berada ditengah kawasan penduduk.
Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jalan H.E.A
Mokodompit kampus Unhalu , dengan pertimbangan:
- Lokasi
dekat dengan perguruan tinggi.
- Lokasi
berada sekitar komplek perkantoran.
- Lokasi
berada ditengah-tengah perumahan penduduk, dan rumah kost.
5. SASARAN
Target
pelanggan adalah pelajar, mahasiswa dan masyarakat disekitarnya. Mereka adalah
pengguna studio photo dalam frekuensi tinggi.
6. RINCIAN BIAYA
RINCIAN BIAYA PROPOSAL USAHA STUDIO PHOTO MINI
NO
|
URAIAN
|
KUANTITAS
|
HARGA SATUAN (RP)
|
JUMLAH (RP)
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Computer Intel Core i3
Kamera Digital Sony 14,1 MP
Printer Photo Epson R230X
Alat Transfer dari HP (Bluetooth, CardReader)
Meja Komputer, Kursi, Layar Background, Spanduk.
Tripod
Biaya lain-lain
|
1 Unit
1 Buah
1 Buah
1 Buah
|
Rp 6.000.000,-
Rp 1.300.000,-
Rp 1.700.000,-
Rp 100.000,-
Rp 600.000,-
Rp 500.000,-
|
Rp 5.500.000,-
Rp 1.300.000,-
Rp 1.700.000,-
Rp 100.000,-
Rp 600.000,-
Rp 500.000,-
Rp 300.000,-
|
Jumlah
|
Rp 10.000.000,-
|
Modal yang kami butuhkan untuk mendirikan photo studio mini
ini sebesar Rp 10.000.000,-
PENUTUP
Pendirian
usaha ini merupakan suatu peluang bisnis yang baik bagi kami. Dari hasil
analisis beberapa faktor, ternyata usaha studio photo mampu memberikan hasil
yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Mengingat adanya peluang
yang besar dalam usaha ini pada masa yang akan datang.
Diharapkan
dengan adanya proposal usaha ini dapat membuka wawasan pembaca untuk juga
berkeinginan membuka usaha karena kondisi krisis saat ini. Tetapi ada yang
menjadi kendala dalam usaha ini adalah tambahan modal untuk pengelolaan dan
pengembangan usaha ini dan diharapkan pembaca dapat menjadi investor bagi usaha
ini.
Demikian
proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat turut andil dalam membantu
dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan memajukan ekonomi bangsa.
Terimakasih dan salam sukses :)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Telah
kita ketahui bersama bahwa di Negara kita Negara Indonesia memiliki beraneka
ragam wisata dan budaya yang terbentang dari sabang sampai marauki, mulia
dari tempat wisata dan objek wisata yang
kaya akan keindahanwisata alam, taman wisata, taman
budaya,dan wisata kulinernya banyak orang menyebutkan indonesia adalah surga
dunia yang memiliki banyak keanekaragaman wisata yang begitu indah dan memiliki
khas di mana tiap daerahnya memiliki kebudayaan yang berbeda beda yang
melambangkan cirikas dari daerah tersebut dan banyak turis baik turis domestic
maupun macanegara yang mengagumi keanekaragaman budaya dan wisata di Negara
Indonesia. Maka dari itu makalah saya akan membahas pariwisarta di Indonesia
yang menjadi salah satu sumber pendapatan pajak Negara Indonesia.
B. Rumusan Masalah
·
Pengertian pariwisata
·
Pengertian Devisa
·
Bagaimana Mengembangkan
Industri Pariwisata Oleh : Ahmad Zacky Siradj 2)
·
Bagaimana
Peran Masyarakat dalam Pariwisata
C. Tujuan
Makalah ini
di susun supaya :
· Mahasiswa
Mengerti tentang pengertian pariwisata
· Mahasiswa
Mengerti tentang pengertian devisa
· Mahasiswa
mengembangkan industtri pariwisata yang di sampaikan Oleh : Ahmad Zacky Siradj 2)
· Mahasiswa
Berperan dalam Kemajuan Pariwisata
BAB II
PEMBAHASAN
· Pengertian
Pariwisata
Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan bertujuan untuk
rekreasi atau liburan, dan refresing.
Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang
melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan
tujuan rekreasi,
Definisi yang lebih lengkap, turisme adalah industri jasa. Mereka
menangani jasa mulai dari transportasi, jasa keramahan, tempat tinggal,
makanan, minuman, dan jasa bersangkutan lainnya seperti bank, asuransi, keamanan,
dll. Dan juga menawarkan tempat istrihat, budaya, pelarian, petualangan, dan
pengalaman baru dan berbeda lainnya.
Banyak negara, bergantung banyak dari industri pariwisata ini
sebagai sumber pajak dan pendapatan untuk perusahaan yang menjual jasa kepada
wisatawan. Oleh karena itu pengembangan industri pariwisata ini adalah salah
satu strategi yang dipakai oleh Organisasi Non-Pemerintah untuk mempromosikan
wilayah tertentu sebagai daerah wisata untuk meningkatkan perdagangan melalui
penjualan barang dan jasa kepada orang non-lokal.
Menurut Undang Undang No. 10/2009 tentang
Kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam
kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang
disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah
· Pengertian
Devisa
Arti definisi / pengertian devisa adalah
semua benda yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri
yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional. Yang biasanya banyak dijadikan
devisa saat ini adalah dollar amerika (usd) :
Sumber Devisa Bersumber Dari :
1. pinjaman / hutang luar negeri
2. hadiah, bantuan atau sumbangan luar negri
3. penerimaan deviden serta bunga dari luar negeri
4. hasil ekspor barang dan jasa
5. kiriman valuta asing dari luar negri
6. wisatawan yang belanja di dalam negeri
7. Dll
Kegunaan / Manfaat Devisa :
1. membeli barang atau jasa dari luar negeri (impor)
2. membayar hutang pokok serta bunga hutang luar negeri
3. pembiayaan kegiatan perdagangan luar negeri
4. membiayai perwakilan di luar negeri (duta besar, konsulat, dll)
5. membiayai atlit, misi kebudayaan, studi banding / perjalanan dinas pejabat negara
6. dll
Jenis-Jenis / Macam-Macam Devisa :
1. Devisa umum, yaitu devisa yang didapat dari kegiatan ekspor, penjualan jasa serta bunga modal.
2. Devisa kredit, yakni adalah devisa yang diperoleh dari kredit pinjaman luar negeri.
Fungsi Devisa :
1. alat pembayaran hutang luar negeri
2. alat transaksi pembayaran barang dan jasa luar negeri
3. alat transaksi pembiayaan hubungan dengan luar negri seperti membiayai kedutaan, misi budaya, hadiah, bantuan, dll
4. sebagai sumber pendapatan negara
· MENGEMBANGKAN
INDUSTRI PARIWISATA
Oleh : Ahmad Zacky Siradj 2)
Sesungguhnya industri pariwisata ini merupakan suatu industri yang biasanya dihubungkan secara langsung dengan pembangunan ekonomi. Industri ini memiliki hubungan multi dimensi yang tidak hanya terkait erat dengan bidang ekonomi saja, tetapi hampir setiap bidang pembangunan nasional bersentuhan dan erat kaitannya dengan industri pariwisata ini. Lebih-lebih hadirnya industri jasa ini merupakan manifestasi kehadiran aktifitas manusia seperti juga industri-industri dalam bidang-bidang pembangunan yang lainnya. Mengingat begitu eratnya dengan berbagai bidang lain dalam proses pembangunan nasional maka aktifitas kepariwisataan bisa dikembangkan secara optimal. Sehingga pengembangan merupakan suatu proses pelaksanaan program yang terus meningkat ke arah puncak capaian sesuai dengan tujuan yang telah dicanangkan. Jika kita sedikit menengok pada Pembukaan UUD 1945 maka ada amanah yang kiranya dapat dijadikan capaian tujuan itu, yakni terwujudnya kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut mewujudkan perdamain dunia. Kata-kata kunci dari Pembukaan UUD 1945 tersebut penting dikemukakan agar industri pariwisata ini, terutama program-program kegiatannya, tidak keluar dari cita-cita mendirikan negara ini. Karena itu cukup relevan apa yang menjadi topik pembicaraan pariwisata kali ini, yakni bagaimana pengembangan industri pariwisata dalam mendukung Visit Indonesia Year 2009 – 2014 untuk meningkatkan kinerja perekonomian nasional dan memantapkan daya saing bangsa. Sebagai bangsa yang bermartabat maka sudah barang tentu harus
mempunyai pergaulan sesama bangsa-bangsa lain di dunia, bukan hanya sejajar tetapi juga tingkatan martabatnya, harus relatif lebih unggul di banding bangsa-bangsa lain dengan tentu ditunjukkan oleh keunggulan khazanah budaya dan sejarah bangsanya sendiri. Semua ini tentunya akan dapat menjadi unsur utama dalam penyelenggaraan Visit Indonesia Year 2009 – 2014.
Karena memang terjalinnya pergaulan atau komunikasi antar bangsa-bangsa tersebut di antaranya diwujudkan melalui pintu kegiatan pariwisata yakni visit year itu. Melalui visit year ini bangsa-bangsa lain dapat melihat, menyaksikan, menikmati dan mengambil pelajaran juga hikmah tentang sejarah dan perjalanan perkembangan kebudayaan masyarakat bangsa Indonesia. Pariwisata dalam hal ini menjadi pintu bagi pencerahan pengetahuan umat manusia dengan memperoleh berbagai kekayaan pengalamannya dan dari situ lahir berbagai inspirasi untuk kemudian memacu peradaban umat manusia yang lebih luhur dan mulia. Indonesia kiranya mampu berbicara dalam konteks ini. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dunia internasional mengingat khazanah kebudayaan kita yang relatif sangat kaya begitu pula keindahan alamnya yang sangat menarik.
Untuk semua itu kita harus membangun cara pandang baru tentang pariwisata sebagai unsur utama perekonomian nasional, apalagi bila kita ingin mengembangkan industri pariwisata sebagai alat dukung bagi meningkatkan harkat dan martabat negara bangsa di tengah pergaulan dunia internasional yang memiliki daya saing. Ada beberapa langkah strategis yang kiranya dapat dijadikan pertimbangan dalam membangun cara pandang ke arah itu. Dalam hal ini industri pariwisata dapat dipandang sebagai penentu :
Pertama, meningkatnya kesejahteraan masyarakat bangsa. Kedua, terbentuknya kepribadian bangsa Indonesia. Ketiga, terjaganya dan terpeliharanya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keempat, terjalinnya hubungan antar bangsa-bangsa di dunia secara damai, harmonis dan berperadaban. Kelima, terbinanya kreatifitas masyarakat bangsa dalam berbagai segi kehidupan. Keenam, terbangunnya keseimbangan hidup masyarakat bangsa dengan keberlangsungan kehidupannya. Ketujuh, terbangkitkannya spiritualitas masyarakat bangsa. Kedelapan, terjalinnya kebersamaan dan kepedulian untuk percepatan optimalisasi sektor pariwisata.
1. Untuk meningkatnya kesejahteraan masyarakat bangsa, maka peran pariwisata antara lain :
- Terbukanya lapangan kerja, baik langsung maupun tidak langsung.
- Terkuranginya kemiskinan dan pengangguran.
-
Terciptanya keahlian spesialisasi di bidang pariwisata dengan standar
kompetensi internasional.
- Meningkatnya pendapatan masyarakat.
- Meningkatnya pendapatan daerah.
- Meningkatnya devisa negara.
- Meningkatnya pendapatan masyarakat.
- Meningkatnya pendapatan daerah.
- Meningkatnya devisa negara.
2. Untuk terbentuknya kepribadian bangsa Indonesia, peran pariwisata antara lain :
- Berkembangnya kebudayaan daerah sehingga dapat menumbuhkan kearifan lokal.
- Berkembangnya kebudayaan nasional sehingga dapat memperkaya peradaban umat manusia di dunia.
- Terpeliharanya khazanah sejarah dan budaya sehingga masyarakat bangsa sadar terhadap perjuangan dan tanggung jawab masa depannya.
3. Untuk terjaganya dan terpeliharanya keutuhan NKRI, peran pariwisata antara lain :
- Terpeliharanya keasrian tanah air tercinta karena dipandang sebagai bagian dari halaman rumah kita.
- Terbangunnya dan terlaksananya kegiatan-kegiatan pariwisata di pulau-pulau terdepan/terluar sehingga menjadi unsur pertahanan teritorial yang strategis.
- Terpeliharanya keindahan alam dan keberlanjutannya lingkungan hidup sehingga kepastian batas wilayah negara terawasi setiap saat.
4. Untuk terjalinnya hubungan antar bangsa-bangsa di dunia secara damai, harmonis dan berperadaban, maka peran pariwisata antara lain :
- Terlaksananya proses akulturasi secara damai dengan tidak memupus jati diri bangsanya masing-masing.
- Terjalinnya studi komparatif dari setiap keunggulan budaya bangsa-bangsa.
- Saling menghargai atas keunggulan khazanah sejarah dan budaya sehingga bersepakat menempatkannya sebagai puncak peradaban manusia.
5. Untuk terbinanya kreatifitas masyarakat bangsa dalam berbagai segi kehidupan, maka peran pariwisata antara lain :
- Berkembangnya sanggar-sanggar seni budaya.
- Bermunculannya pusat-pusat kerajinan tangan.
- Berkembangnya dapur-dapur kreatif yang membuat aneka jenis makanan daerah dan tradisional.
- Terciptanya suasana yang kondusif bagi kreatifitas kaum muda yang kreatif.
- Terbinanya berbagai keahlian yang menopang langsung terhadap perkembangan pariwisata.
6. Untuk terbangunnya keseimbangan hidup masyarakat bangsa dengan keberlangsungan kehidupannya, maka peran pariwisata antara lain :
- Terjaganya dan terpeliharanya hutan dengan segala habitatnya.
- Terbinanya alam kehidupan pedesaan.
- Terpeliharanya tatanan kota tua.
- Terjaganya lingkungan udara segar dengan penghijauan perkotaan.
- Terbangunnya sikap hidup budaya bersih.
- Terefleksikannya sikap hidup yang ramah, bersahabat dan suka menolong.
7. Untuk terbangkitkannya spiritualitas masyarakat bangsa, maka peran pariwisata antara lain :
- Terbangunnya cara pandang bahwa pariwisata merupakan jendela mensyukuri nikmat Tuhan.
- Pusat-pusat keagamaan dapat menjadi obyek kunjung yang memiliki daya tarik.
- Upacara-upacara keagamaan sebagai atraktif yang dapat mengundang pesona.
8. Terjalinnya kebersamaan dan kepedulian
- Agar ketujuh hal di atas dapat terealisasikan secara optimal maka perlu adanya kebersamaan antara pemangku kepentingan pariwisata yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat.
- Jika pemangku kepentingan ini memiliki kepedulian yang tinggi maka persoalan promosi, aksesibilitas, transportasi, akomodasi, keamanan juga pengembangan produk mendapat penyelesaian secara seksama.
- Untuk memelihara kebersamaan dan kepedulian tersebut maka institusi, regulasi, kemampuan manusia yang menangani industri pariwisata ini sedapat mungkin memenuhi yang diharapkan.
Demikianlah beberapa langkah untuk membangun cara pandang dan cara menyikapi dunia pariwisata sebagai salah satu industri jasa yang strategis bagi mewujudkan cita-cita masyarakat bangsa Indonesia.
Jakarta, 2 Juli 2009
1) Makalah disampaikan pada Forum Group
Discussion (FGD) Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. Kamis, 2 Juli
2009.
2) Sekretaris Jenderal Badan Pimpinan Nasional
Masyarakat Pariwisata Indonesia (BPN MPI)
· Peran
Mahasiwa Terhadap Pariwisata\
Wahasiswa bisa menjadi salah satu penyampai yang baik tentang wisata di indonesia ini. Kini banyak para pelajar Indonesia yang saling bertukar pelajar dengan Negara relasi lainnya, Hal ini membuka gerbang yang besar untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada duni termasuk mengenalkan tempat pariwisata yang ada di Indonesia. Jadi peran untuk memajukan pariwisata tidah hanya di tumpu oleh pemeriuntah saja, generasi muda bias juga menjadi pilar penyalur perkenalan pariwisata terhadap mata dunia. Tak perlu iklan mahal untuk mengenalkan wisata Indonesia di mata dunia bila bara remajanya ikut berperan memajukannya. Untuk sederhananya kita bias juga mengenalkan pariwisata di daerah kita terhadap orang orang yang masih belum mengerti tentang tempat-tempat pariwisata melalui dunia internet, jejaring social dan di merbagai media yang bias menarik turis baik di domestic maupun maca Negara.
Banyak
selogan kini yang muda yang berkarya, untuk mewujudkan itu seharusnya minat
para remaja di tingkatkan dalam mencapai tujuan yang bias mengasilkan
cita-cita. Dimana ketika kita bias melihat peluang bisnis atau industry di
sekitar kita melalui peran wisata. Mahasiswa harus cerdik memikirkan
suadaya yang bias menghasilkan peluang kerja di dalamnya. Tak jarang kini timbul
para mahasiswa yang kaya raya karena usaha membidik pasar wisata, seperti
kuliner, tempar wisata suasta dan berbagai macam objek
wisata. Banyak hal yang bias terwujud di dalam
pencapaian itu, mahasiswa bisa membuat lapangan pekerjaan, bisa
membuat khas kuliner wisata yang baru, dan peluang jasa
pendukung pariwisata misalnya penyedia trefel dan tempat
penginapan yang bukan milik mahasiswa itu tersebut namun mahasiswa
bsa memberikan jasa periklanan terhadap perusahaan pariwisata untuk
mengiklankan itu melalui media internet seperti website.
Daya
cipta dan kreasi mahasiswa yang bukan hanya dapat memelihara yang
ada, tetapi juga dapat menciptakan berbagai kreasi baru sehingga berbagai jenis
wisata mulai dari wisata budaya, belanja, alam, olah raga, riset dan lain
sebagainya, dapat berkembang secara variatif dan terus berkelanjutan.
Kesemuanya ini terletak dari bagaimana peran masyarakat dalam memajukan
pariwisata. Sebab jika masyarakatnya pasif apalagi tidak punya kreatifitas maka
kegiatan pariwisata akan sunyi senyap. Itu sebabnya peran masyarakat dalam
memajukan pariwisata nasional bukan hanya penting tetapi juga strategis,
BAB III
PENUTUP
III.I KESIMPULAN
Bahwa
pariwisata itu adalah asset Negara yang penting menghadilkan pendapatan Negara dan
untuk ciri khas suatu Negara. Pariwisata bisa menjadi industry yang memajukan
Indonesia , membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat, menciptakan
usaha baru yang di kelola oleh suasta dan juga memberikan sebuah
industry yang bisa menhasilkan omsed yang sangat menjanjikan. Mahasiswa juga
harus berperan terhadap kelangsungan pariwisata di Indonesia agar tidak di akui
tentang wisata budayanya dan kulinernya.
Makalah Usaha Foto Copy
A.
Latar
Belakang
Latar
belakang daripembuatan usaha foto copy ini adalah saya melihat masih banyak di
daerah sekitar rumah saya yang belum ada tempat pelayanan jasa foto copy padahal daerah sekitar rumah saya terdapat
sebuah sekolah menengah pertama. Jadi dengan adanya sekolah tersebut saya dapat
mendirikan usaha tersebut di tambah lagi banyak anak mahasiswa sekitran daerah
rumah saya. Jadi menurut saya usaha ini akan berhasil melihat persaingan yang
belum terlalu ketat.
B.
Tujuan
1. Membuka
lapangan kerja
2. Membantu
pelayanan jasa foto copy terhadap masyarakat sekitar
C.
Sasaran
Usaha
1. SMP
Negeri 17 Kendari
2. Masyarakat
khususnya Mahasiswa Sekitar
D.
Strategi
Pemasaran
Strategi
pemasaran disini saya akan memberikan keuntungan lebih bagi pelanggan misalnya
:
1. Penyebaran
brosur
Saya
akan menyebarkan selembaran brosur yang isinya tentang pemberitahuan adanya
temapat usaha saya.
2. Pemberian
diskon
Pemberian
diskon ini saya lakukan tentunay untuk menarik pelanggan agar mau datang k
temapat saya tentunya pelayanan tetap terjaga.
E.
Profil
Usaha
Nama
usaha : Ilham Foto Copy
Alamat
: Jalan Mekar Jaya 1
Telpon. : 085756880081
F.
Rincian
Keuangan
Modal Usaha
1. Harga Kertas Rp
24.000 ,- setiap rim ( 500 Lembar )
2. Harga Toner /
Tinta Rp 95.000,- untuk pemakaian 20.000 Lembar
3. Pembayaran Listrik /
bulan Rp 100.000,- untuk pemakaian 39.000 lembar / bulan ( Estimasi 1 hari
= 1500 lembar / 3 rim x 26 hari
kerja )
4. Tenaga operator
dibagi 4 pekarja :
a. Photocopy
b. Jilid
c. Laminating
d. Pelayanan ATK
5. Sparepart Drum
kit set Rp 4.000.000 ,- untuk pemakaian min 2.000.000 lembar
Pendapatan
Rp.
2.500.000 perminggu x 4 = Rp. 10.000.000,-/bulan
Pengeluaran
Biaya
Pembelian Bahan Baku :
1. Rp. 1.250.000,00 (pembelian kertas/bulan)
2. Rp. 250.000,00 (pembelian tinta/bulan)
Biaya
Operasional Perbulan :
Gaji karyawan = Rp. 800.000 / bulan
Membayar Listrik = Rp. 4.000.000 / bulan
Biaya tak terduga = Rp. 400.000 / bulan
Keuntungan
Laba
Bersih : Rp. 10.000.000,00 – Rp. 6.700.000,00 = Rp. 3.300.000,00 /
BAB III
PENUTUP
a.
Kesimpulan
Kita dapat mengambil suatu kesimpulan
bahwa dalam menjalakan usaha kita harus mempunyai strategi yang matang dengan
cara cara yang terstruktur agar usaha yang kita jalankan dapat berjalan dengan
baik sesuai dengan tujuan kita yang di awal. Selain itu konsep dari usaha harus
di perhatikan agar konsistensinya tetap terjaga karena dengan konsep usaha kita
dapa berinovasi tanpa perlu mengikuti yang sudah ada sebelumnya. Sehingga
konsep harus diperhatikan sebagai pembeda usaha kita dengan usaha orang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar